Fenomena Anak Indigo

anak indigoAnak Indigo. Pernahkah anda mendengar kata itu? Mungkin orang terdekat anda termasuk anak indigo? Gimana menurut kalian? Bagi anda yang ingin tau lebih lanjut tentang asal usul dan ciri – ciri indigo segera kita akan membahasnya.

Dalam Wikipedia, anak indigo disebut juga dengan anak nila. Adalah istiah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan anak yang mempunyai sifat atau keampuan yang lebih dari anak biasa. Tentu saja kelebihan yang didapatkan bukan karena keinginannya sendiri melainkan sudah di takdirkan oleh Tuhan. Terkadang kelebihan yang dimiliki oleh anak indigo sulit diterima oleh kita, kenapa? Terkadang kita kesulitan dalam memahami gerak gerik mereka.

Istilah indigo dipopulerkan oleh Nancy Ann Tappe di sebuah bukunya ayang menemukan adanya warna aura indigo atau nila dalam diri manusia. Warna tersebut dihubungkan dengan kepribadian manusia. Jelasnya anak indigo mempunyai kelebihan pada cakra Ajna (the third eyes) atau mata ketiga yang letaknya berada di dahi antara kedua alis mata. Seperti pada gambar di bawah.

Fenomena tersebut dianggap aneh tetapi menarik banyak perhatian. Anak ini memiliki karakteristik yang unik dengan kelebihan bakat yang dimilikinya menunjukan perasaan empati terhadap sesama yang luar biasa. Anak indigo sangat mudah untuk merasa iba dan bisa menunjukan sikap bijaksana terhadap seusianya. Jadi jangan heran jika anak indigo sangat kritis tradap sesuatu yang dianggapnya salah.

Menjadi seorang indigo tentunnya bukanlah tugas yang mudah. Indigo bukanlah impian seseorang namun, ini merupakan sebuah takdir dari Tuhan yang harus ia jalankan. Harapan kita adalah dengan adanya anak indigo bisa membawa perubahan demi kemajuan di bumi ini.

Seorang terapis Jan Yordi di dalam tulisannya tentang anak indigo, ia mencoba untuk mengkarakteristikan cirri-ciri dari anak indigo, antara lain:

  • Anak indigo memiliki keinginan yang kuat untuk mandiri sesuai apa yang ada di dalam pikirannya daripada harus patuh kehendak orang lain.
  • Anak indigo memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga membuat mereka peka terhadap sekitar dan mudah merasa iba terhadap lingkungan sekitar.
  • Secara emosi anak indigo lebih mudah bereaksi sehingga tidak jarang mereka sering dilanda rasa cemas, depresi bahkan stress.
  • Dalam berpikir mereka sangat kreatif karena kemampuan menggunakan otak kanannya, namun mereka lemah dalam menggunakan otak kirinya.
  • Mereka sangat peka dalam melihat, mendengar dan mengetahui suatu hal yang tak bisa di rasakan kebanyakan ornag.
  • Potensi bakatnya sangat luar biasa, namun akan hilang begitu saja jika system dalam dalam mengasuh mereka tidak sesuai.

Dalam menangani anak indigo, hal yang perlu di perhatikan adalah mereka sulit untuk mengontrol emosinya. Salah satu penyebabnya karena mereka mempunyai rasa kecemasan yang tinggi. Sehingga tidak jarang banyak dari mereka yang kesulitan dalam menjalani pendidikan di sekolah. Karena di sekolah semua dianggap sama seperti anak pada biasanya.

595 total views, 4 views today